Produk kreatif dan kewirausahaan


                                            BAB

                        Sikap Dan Perilaku         Wirausaha

 

paha atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas atau mengelola wirausaha seperti: menentukan cara produksi baru,menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, adalah orang yang cara memasangkan serta mengatur permodalan operasinya.wirausaha harus memiliki kepandaian atau memiliki bakat mengenali produk baru yang akan dikembangkan. Jadi, wirausahawan bukanlah penjual nama wirasowan adalah pencipta kegiatan usaha.

Ciri ciri wirausaha adalah:

  • Fokus terkendali
  • Berenergi yang tinggi
  • Kebutuhan akan prestasi
  • Bertoleransi terhadap keraguan
  • Percaya diri
Berorientasi terhadap tindakan.

Menurut Bygrave ada sepuluh yang dikenal dengan 10D.

  • Dream, misi keinginan terhadap masa depan untuk mewujudkan impian
  • Decisivines, membuat keputusan secara tepat
  • Doers, langsung menindaklanjuti keputusan yang telah diambil
  • Determination,p melaksanakan kegiatannya dengan penuh tanggung jawab
  • Dedication, berdedikasi tinggi terhadap bisnisnya
  • Devotion, tidak mengenal lelah
  • Details, memperhatikan faktor-faktor secara rinci sampai hal terpencil
  • Destiny, bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapai
  • Dollars, motivasinya tidak hanya uang tetapi kesuksesan
  • Distribute,mampu membagi kepemilikan bisnisnya kepada orang lain.                                                                   ciri lain dari sebagai wirausaha yaitu:.      
  • Percaya diri.
  • Berorientasi pada tugas dan hasil.
  • Pengambilan risiko.
  • Kepimpinan.
  • Keorisinilan.
  • Berorientasi masa depan.
Kreatifitas .                                                                               BAB  2                                                   menganalisis peluang usaha.      A.pengertian Analisis peluang usaha.         analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan dilaksanakan dan memberikan keuntungan di kemudian hari. Sebagai seorang yang kreatif,calon wirausaha akan mampu melihat begitu banyak peluang usaha yang berpotensi untuk diciptakan.
B.Tujuan dan manfaat analis peluang usaha
tujuan dari disusunnya analisis peluang usaha untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan serta mengetahui keuntungan dan kerugian usaha tersebut kedepannya. 
C. Metode pendekatan analisis peluang usaha
peluang usaha baru dapat muncul dari sekitar kita biasanya dari situasi yang tidak diduga. untuk mengembangkan ide atau gagasan tentang peluang usaha.
 metode yang sering digunakan dalam analisis peluang usaha diantaranya:
1.Analiss SWOT 
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan atau starange, kelemahan (weakneses), peluang (opportunity), ancaman (threats),dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Metode yang bisa diterapkan untuk upaya tersebut adalah analisis SWOT atau SWOT digunakan untuk mengetahui:
A.strength,yaitu kekuatan yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
B.weakness,yaitu kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha.
C.opportunity,yaitu peluang saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan.
D threath,ancaman apa saja yang terjadi saat memperbesar seperti munculnya persaingan.           


 Selain menggunakan Analisis SWOT, seorang wirausaha juga bisa menggunakan analisis lainnya, seperti 5w+1H terdiri dari:
What: jenis usaha apa yang kita akan ambil
Why: kenapa memilih usaha tersebut
When: kapan akan memulai usaha tersebut
Where: di mana kita akan memulai usaha (lokasinya dimana)
Who: siapa yang akan terlibat dalam usahanya
How: bagaimana cara membuatnya (proses produksinya).
             
                                   BAB 3      
             Menganalisis kebutuhan                          sumberdaya usaha   

    A.Hakikat sumber daya usaha
     
sumber daya merupakan kebutuhan untuk menghasilkan produk atau jasa yang kemudian dapat diperjualbelikan oleh sebuah usaha. Menurut Zaki Fathoni, s,p,m.SC sumber daya usaha adalah sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan peluang usaha. Yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha yaitu.
1. sumber daya material
2. Sumber daya finansial
3. Sumber daya manusia 
4. Sumber daya informasi

B.PERENCANAAN SUMBER DAYA USAHA
1.Man (sumber daya manusia)
2.Money(Biaya)
3 Material (Bahan baku)
4.Machine(Mesin)
5.Method(metode cara kerja)
6.Market(Pasar)
  
 
                                BAB 4
      SISTEM PRODUKSI PRODUK USAHA
A. Pengertian manajemen produksi
 
manajemen produksi merupakan bagian bidang manajemen yang berperan dalam mengorganisasikan beberapa kegiatan untuk mencapai tujuan. Para ahli menjelaskan pengertian tentang manajemen produksi
1.Sofyan Assaurin (2008)
manajemen produksi adalah kegiatan mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan berbagai sumber daya seperti sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya dana,dan sumber daya bahan secara efektif dan efisien untuk menciptakan dan menambahkan kegunaan sebuah barang atau jasa.
2.Heizer dan reider
manajemen produksi adalah rangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa mengubah yaitu menjadi output.
B. perencanaan produksi
 Manajemen produksi merupakan manajemen dari suatu sistem informasi yang menginformasikan masukan input menjadi keluaran output berupa barang atau jasa.
1. Pencarian gagasan
2. Seleksi produk
3. Desain produk pendahuluan
4. Pengujian produk
5. Desain akhir (final)
                                  

Komentar